Saturday, September 12, 2015

mekah, masjidil haram


Korban jiwa akibat ambruknya alat derek di Masjidil Haram, Mekah, meningkat menjadi 87 orang, seperti diungkapkan Otoritas Pertahanan Sipil Arab Saudi.
Adapun korban yang cedera dalam kecelakaan di kota suci Mekah itu, Jumat 11 September, mencapai sedikitnya 183 orang.
Mekah sedang bersiap-siap menyambut sekitar dua juta orang yang akan melakukan ibadah haji.
Sebuah video yang diterbitkan di YouTube -yang belum dipastikan keasliannya- memperlihatkan derek yang jatuh dan terdengar suara keras di latar belakang dengan orang-orang yang berteriak panik.
Masih belum jelas penyebab kecelakaan sebenarnya dan sebuah gambar memperlihatkan krane berwarna merah yang besar tampak terjatuh.
Sementara laporan-laporan menyebutkan kalau alat derek itu ambruk ke sisi timur masjid setelah angin kuat dan hujan lebat.
Image copyrightepa
Image captionKrane besar berwarna merah tampak ambruk menembus atap masjid.
Kawasan Semenanjung Arab pekan lalu dilanda badai salju.
Seorang warga Indonesia yang berada di Jedah, Jannati Jannati, menulis pesan ke Facebook BBC Indonesia: "Saya Di Jeddah BBC. Memang dari kemarin sudah ada badai pasir. Di Madinah juga hujan deras hari ini."
Sedangkan pengguna Facebook lainnya, Warda Zulfakar, menyebutkan, "Seorang orang jamaah haji asal Indonesia (Sektor 4) meninggal dunia. Tim Kesehatan dari BPHI Mekah sedang mengevakuasi korban." Namun laporan ini masih belum bisa dikukuhkan sampai berita ini diturunkan.
Image copyrightReuters
Image captionPerluasan masjid 400.000 m2 untuk bisa menampung sekitar 2,2 juta jiwa pada saat bersamaan.
Pekerjaan bangunan di Masjidil Haram di Mekah sudah berlangsung cukup lama dan tahun lalu, jumlah jemaah haji dikurangi demi alasan keamanan karena pekerjaan tersebut.
Dilaporkan bahwa kawasan masjid rencananya akan diperluas 400.000 m2 untuk bisa menampung sekitar 2,2 juta jiwa pada saat bersamaan.
Sekitar 350 jemaah haji meninggal karena terinjak-injak dalam kecelakaan pada tahun 2006 lalu.

Terima Kasih,tinggalkan komentar anda

EmoticonEmoticon

Popular Post