Monday, September 7, 2015

Budaya


Budaya yang hampir punah di Indonesia

Seperti yang kita ketahui, Globalisasi Teknologi telah marak diseluruh dunia. Hari ini hampir tidak terlihat anak – anak yang bermain permainan tradisional layaknya anak – anak di era 80 – 90an. Hampir semua anak – anak di zaman sekarang bermain dengan ‘gadget’nya, seperti bermain game di Handphone, Tablet, Laptop, dan lain – lain.


Memang anak dibawah umur harus didampingi saat menggunakan gadget – gadget tersebut, karena banyak sisi negatif yang akan saya paparkan dibawah ini:

Terlalu Cepat Menjadi Dewasa
Anak-anak kecil yang terlalu cepat mengenal teknologi akan menjadi dewasa sebelum waktunya. Contohnya kini bisa kita lihat bahwa anak-anak usia 8-10 tahun lebih tertarik ke konten-konten dewasa di sosial media. Anak-anak bisa kehilangan kepolosan dan menjelajah banyak hal diluar pengertian mereka.
Sebagai tips untuk orang tua, Anda harus terus mengawasi penggunaan internet mereka. Jangan biarkan mereka membuat akun di jejaring sosial sendiri hingga umur tertentu yang dirasa sudah siap.
Menjadi Malas
Teknologi memang memudahkan kita. Tapi jangan biarkan teknologi membuat anak-anak kita menjadi malas. Anak-anak seharusnya bermain-main dengan gembira di luar rumah. Menikmati matahari dan mengenal lingkungannya.
Pengenalan teknologi yang terlalu dini bisa menyebabkan anak Anda menjadi pemalas. Mereka akan lebih banyak menghabiskan waktu di sofa bermain video games. Ini akan membuat anak Anda kehilangan kontak dengan teman mereka yang nantinya akan berpengaruh di kehidupannya.
Belajar Kekerasan
Banyak jenis video games yang menunjukkan adegan kekerasan. Jangan meremehkan hal ini karena anak Anda bisa belajar meniru dan mempraktekannya di kehidupan sehari-hari. Anak Anda akan merasa bahwa kekerasan adalah hal lumrah yang terjadi di kehidupannya.
Untuk itu, Anda harus terus mengawasi mereka saat bermain video games. Jangan lupa memberikan nasehat bahwa kekerasan tersebut tidak nyata dan menjadi hal buruk di dunia nyata.
Melihat Waktu Yang Tepat
Akan ada waktu yang tepat untuk setiap hal. Anda boleh mengenalkan mereka ke teknologi pada saat yang Anda rasa tepat. Tapi kenalkan juga mereka kepada kehidupan di luar.
Ajak dia bermain di luar rumah dan belajar banyak hal lain. Jadi dia tidak hanya akan menghabiskan waktu dengan gadgetnya.
Teknologi memang akan mengubah hidup anak Anda, tapi dengan pengawasan yang benar teknologi akan memberikan efek seimbang dan pengalaman menakjubkan bagi Anda. Jangan biarkan anak Anda telalu asyik dengan gadgetnya sehingga melupakan dunianya yang sebenarnya.
Selain itu, kemajuan teknologi berdampak pada kurangnya sosialisasi anak pada teman-temannya karena lebih menyukai menyendiri dengan permainan teknologinya. Anak lebih memilih berdiam diri dengan kesibukan game online , browsing ,dll dan interaksilainnya dari pada bergaul dengan teman-teman nya yg lebih positif.
Berikut akan saya paparkan juga sisi positif dari teknologi untuk anak – anak di usia dini:
Dampak Positif
Tidak bisa dipungkiri jika anak tidak bisa jauh dari kemajuan teknologi terutama pada teknologi informasi yang semakin hari semakin cepat. Dan ini dapat membuatanak mendapatkan kemudahan terhadap informasi serta kemudahan untuk menjalin komunikasi dengan jarak yang jauh. Akibat kemajuan teknologi, banyak permainan-permainan kreatif dan menantang yangternyata banyak disukai oleh anak-anak. Dan hal ini secara tidak langsung sangat menguntungkan untuk anak-anak karena sangat memberi pengaruh terhadap tingkat kreativitas anak.
Berikut ini beberapa hal yang menjadi dampak positif perkembangan TeknologiInformasi.
– Mempermudah dan mempercepat akses informasi yang kita butuhkan.
– Mempermudah dan mempercepat penyampaian atau penyebaran informasi.
– Mempermudah transaksi perusahaan atau perseorangan untuk kepentinganbisnis.
– Mempermudah penyelesaian tugas-tugas atau pekerjaan.
– Mempermudah proses komunikasi tidak terhalang waktu dan tempat.
– Banyaknya penggunaan teknologi informasi membuka lowongan kerja.

Terima Kasih,tinggalkan komentar anda

EmoticonEmoticon

Popular Post